Sabtu, 02 Maret 2013

Mengubah Kalimat AKTIF Menjadi PASIF

Terdapat dua pola mengubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif yaitu:


     1. Mengubah Pola Aktif (SPO) menjadi Pasif (OPS)
Pola ini digunakan dengan: predikat diganti kata kerja berimbuhan di-
                                        Sebelum objek dapat ditambahkan kata oleh

Contoh:
Rudi menendang Bola ==> Bola ditendang oleh Rudi

    2. Mengubah Pola Aktif (SPO) mejadi Pasif (OSP)
Pola ini digunakan jika Subjek merupakan kata ganti (missal: mereka, kamu, saya)
Cara mengubah polanya dengan: menghilangkan imbuhan me- pada Predikat
                                                         
Contoh:
Saya akan membaca novel itu ==> Novel itu akan saya baca                                                                                     
                                                               
Latihan!!!
1. Para petani sedang menanam padi jago rancah disawah Pak Burhan

2. Saya akan membantu para korban bencana banjir di Jakarta Timur

3. Kami akan mengikuti ujian Nasional pada bulan April

4. Masyarakat DKI sedang menderita kebanjiran sejak hari kamis
5. Kami mengharapkan campurtangan pemerintah pusat dalam menghadapi bencana Banjir

Jawab:

1. Padi jago rancah sedang ditanam para petani disawah Pak Burhan

2. Para korban bencana banjir di Jakarta Timur akan saya bantu

3. Ujian Nasional akan kami ikuti pada bulan April

4. Kebanjiran sedang diderita masyarakat DKI

5. Campurtangan Pemerintah Pusat dalam menghadapi bencana banjir akan kami harapkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pengunjung yang baik, silahkan tinggalkan komentar ^,^